Sunday, March 2, 2008

Pengalaman ngeMC dengan audience yang diem....

Assalamualaikum Wr.Wb.

Insya Allah, kalimat pembuka akan selalu saya buka dengan salam...
Oiya, pada selasa, 23 Februari 2008, saya diminta panitia Business Challenge yang diadakan oleh BEM Unpad untuk dapat menjadi MCnya. Yah, saya baru ditawarkan H-7 jam...Alias, di sms malem2 sebelum besoknya saya harus ngeMC...kalau saya sih senang banget kalau ditawari ngeMC...karena itu salah satu hobi yang dapat saya salurkan melalui acara seperti seminar ato acara yang rada hedon...

Hari itu pertama kalinya saya mendapati audience yang diem ditambah perlengkapan sound system alias mic yang ancur total pas dimulai acara...hal tersebut sungguh di luar dugaan saya...dimana saya harus tidak dapat memakai mic karena mic yang tidak menyala...kemudian menghadapi audience yang tidak merespon kita alias diem ngeliatin kita aja...yah, awalnya lumayan bete...saya sudah berusaha untuk dapat menyapa para peserta tapi tetep aja mereka diem...fuuiihh...saya tidak bisa berkata apa2...ngocol dikit, ga enak karena itu dalam suasana seminar. yasudah, saya langsung mulai saja acaranya....ketika dimulai, mic yang tidak menyal...wah, hampir stress saya dibuatnya...

yah, itulah pengalaman saya ketika menghadapi audience yang seperti itu...tapi, setelah hiburan dari tatalu FTIP pentas, audience bisa sedikit mencair. dan akhirnya saya dan audience dapat memahami kejadian pembukaan tadi...

tips agar ngeMC lancar:
- pastikan berapa orang yang akan datang dalam acara tersebut
- pastikan latar belakang audience tersebut dari mana saja...terkadang mahasiswa yang dari ipa, rada diem. beda banget sama mahasiswa yang dari sosial. rada bawel...hehehe...ni salah satu kesimpulan singkat dari pengamatan mata saya ketika itu...hehehe..jangan pundung yah wahai mahasiswa...just kidding kog...
- pastikan mic dalam keadaan stamina dan siap action (emangnya jargon iklan..)
- pastikan rekan ngeMC kita, sama2 aneh...karena kalo yang satu udah caur di sandingkan dengan MC yang biasa bwt seremonial...wow, akan jomplang hasilnya...kayak di acara wisudaan tapi ada yang caur juga..ngerti gak? saya juga gak ngerti..hehehehe

yah mungkin itu tips atau evaluasi dari jeng aisyah...

semoga bermanfaat buat semuanya..
tunggu tips-tips berikutnya...dadahhh...


Wassalamualaikum Wr.Wb

No comments: