Saturday, December 13, 2008

PRoud to be The Real PR (Public Relations)



atas: bersama wartawan Bandung. Ki-Ka: Kang Denas (Tribun Jabar), Kang Arie (Republika), Melz, Kang Rahman (Radar Bandung), Kang Lukman (Bisnis Indonesia). Seru!!
bawah: PR Week 2008 di Hotel Nikko bersama teman2 Hima Humas

Assalamualaikum Wr.Wb

Sekarang melz mau sharing tentang pengalaman saya menjadi seorang PR di tingkat kampus^^. Lumayanlah dapet pengalaman banget ttg praktik kehumasan...Melz juga masih terus belajar kog untuk bisa menjadi "The Real PR"^^ melz mau cerita dikit ttg "Kog Bisa sih Nyemplung di dunia PR?" oke...jadi gni ceritanya...pada tahun 2005 lalu, sya di dihadapi oleh dua pilihan. Yaitu masuk Kedokteran, IPB ato masuk Komunikasi. Tapi setelah pikir2 dan insya Allah solat istikharah, aku lebih milih ke Komunikasi. Jadi, masuklah saya ke Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Saya bangga banget jadi mahasiswa Unpad. Yah, kalo bukan kita, siapa lagi yang akan bangga terhadap almamaternya sendirian? Meskipun ada beberapa lah yang membuat saya kecewa thdp Unpad. Tapi, sekarang Unpad lebih baik kog...smngat pak Ganjar Kurnia sbg Rektor dan Pak Deddy Mulyana sebagai Dekan Fikom Unpad yang sangat saya hormati dan saya banggakan. (Saya senang banget punya dekan yang baik banget...bayangkan...saya tidak begitu kenal dengan beliau, tapi ketika saya melewati gedung dekanat beberapa waktu lalu, dan kebetulan juga, beliau baru turun dari mobilnya, tiba2, saya dan beliau berpapasan, dan beliau sangat rendah hati sekali, beliau menyapa saya dengan ucapan, "Assalamualaikum...", sambil tersenyum...Subhanallah...saya senang sekali terhadap pemimpin yang ramah dan membuat rakyatnya tenang, bahagia. Senang banget punya dekan baru yang berkredibel, akuntabel, transparan, welcome dan terbuka. Terus, waktu itu juga, kuliah sengaja ditiadakan pada Senin pagi agar para dosen dan karyawan Fikom mengikuti acara ceramah oleh Ustadz. Subhanallah...Tetap smngat pak...saya terus mendukung gebrakan2 baru ke arah yang lebih baik lagi untuk FIKOM Unpad tercinta...smngat pak^^)
Oke, kita lanjutkan kembali ke inti sharing^^ Setelah 1 tingkat dilalui, tibalah saatnya saya naik ke tingkat 2 yang mengharuskan masuk jurusan yang diinginkan. Ketika itu juga, saya bingung lagi...mau milih jurusan apa yah...Semuanya bagus...dan akhirnya saya memilih jurusan Hubungan Masyarakat dari berbagai pertimbangan dan adanya pro-kontra tentang jurusan ini. Kemudian, pelan-pelan, saya menyenangi dunia humas...Ketika itu pada tahun 2006. Pada tahun 2006, saya bergabung di BEM Kema Unpad 2006/2007, alhamdulillah, saya menjadi staf Departemen Media dan Informasi. Setelah banyak mengetahui dunia media, komunikasi secara praktek, saya lebih menyenangi dunia ini...NgeMC pun sudah hobi saya. Jadi, kalo gak ngeMC tuh kayak hobi tak tersalurkan...hehe...Oya, di jrusan Humas juga, mengadakan ospek jurusan. Nah, di ospek jurusan itu tuh, saya banyak materi dan pengalaman juga. Unforgattabble deh...Bagaimna caranya membagi waktu...Pada waktu itu, waktu saya terbagi antara kuliah,osjur, BEM, dan menjadi panitia2 di BEM. Istilahnya mah, eksis lah..hehe^^
Pada tahun berikutnya, saya diajak kembali untuk bergabung di BEM Unpad. Namun, pada tahun ini, saya memberi masukan kepada presma Unpad, Reza Fathurrahman untuk mengganti Dirjen Propaganda menjadi Dirjen Humas. Karena kalau dengan kata "Propaganda", terasa lebih menyeramkan dan tidak ramah terhadap publik...Untuk itulah, saya mengusulkan diganti menjadi "Dirjen Humas". Supaya lebih fokus juga ke image and reputation building of BEM Unpad. Pada akhirnya, kang Reza (biasa saya panggil, Abah) menyetujui usul saya.
Dari saya menjadi Dirjen Humas inilah, saya mendapatkan banyak pengalaman ttg praktik kehumasan. Saya praktekkan teori2 yang saya dapat dari perkuliahan. Jadi, di BEM ini, menjadi wadah ato laboratorium saya untuk mempraktekkan ilmu Humas walaupun masih jauh dari sempurna. Namanya juga belajar ya...Saya praktekkan bagaimana membuat Document Trail (Kliping), Press Relations (Membina Hubungan dengan Pers), Road To Media, membuat jajak pendapat, membuat Publisitas BEM, menginfokan kegiatan2 BEM kepada media cetak nasional maupun regional Jawa Barat, membuat website, menerima universitas lain yang ingin melakukan studi banding kepada BEM Unpad, external relations (mahasiswa, rektorat) dengan membuat House Journal "Padjadjaran Moeda".
Wah, banyak banget deh kegiatan saya ketika menjadi Dirjen Humas BEM Unpad. Saya dan teman2 membuat terobosan untuk membuat media Road To Faculty (mading yang disebarkan di setiap fakultas). Hal ini dilakukan untuk mengcounter issu apapun ttg BEM Unpad dengan menginformasikan sebanyak2nya ttg BEM Unpad sehingga kebutuhan informasi mahasiswa tentang BEM Unpad terpenuhi. Tapi, masih juga, jauh dari sempurna terobosan ini. semoga bisa terus berkelanjutan dan periodical...
Kelebihan yang dapat saya dapatkan ketika saya menjadi Humas BEM Unpad...
1. Kenalan teman dari fakultas dan universitas lain menjadi bertambah
2. Kenal dengan pihak rektorat, perusahaan, tokoh penting..Seneng deh...
3. Yang pasti, bisa kenalan dengan wartawan. Karena ini penting banget dalam Humas.
4. Bisa mempraktekkan ilmu2 Humas yang dipelajari di kuliah.
Pada tahun 2008, saya pun bergabung kembali di BEM Unpad sebagai Humas BEM Unpad. Mentok yah dirjen humas lagi...hehe...gpp kog...Sebenarnya, kenapa saya menerima kembali menjadi Humas BEM Unpad, karena ketika ditanya oleh Bung Gena, ada rekomendasi orang lain, saya speechles banget...karena saya belum menemukan orang yang berkompeten untuk menggantikan posisi saya. Rekan2 saya di Humas ketika 2007/2008 lalu, seangkatan sama saya dan tingkat atas. Jadi, tidak bisa menjadi Dirjen Humas, karena angkatannya harus yang dibawah saya. Jadi, tujuan saya bergabung lagi di BEM Unpad pada tahun ketiga ini yaitu untuk kaderisasi kepada adik2 angkatan di bawah saya. Saya dan menteri pun menghier orang2 yang minat dan memiliki bakat di Humas.
Namun, pada tanggal 1 Desember 2008, saya resmi resign dari BEM Unpad yang telah turut memberikan sesuatu terhadap saya. Alasan saya resign sebenarnya karena ternyata dalam diri saya, sudah tidak nyaman lagi di BEM Unpad. Ketidaknyamanan itu muncul karena banyak pilihan yang ada dalam pikiran saya untuk diri saya sendiri. Les TOEFL, job training, seminar, dll. Daripada nama saya terpampang di organigram, tapi saya gak melakukan tanggung jawab di BEM Unpad, lebih baik saya resign saja. Tapi, alhamdulillah, saya telah menemukan penerus saya. Dia dari sastra Indonesia, angkatan 2006, yang bernama Aisha Shaidra. Semoga dia bisa mengemban amanah ini lebih baik lagi. Amin^^
Sekarang, saya bersiap2 untuk menyiapkan diri saya di bidang yang lain. Satu hal yang masih saya rasakan kurang pada diri saya adalah kemampuan berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Alhamdulillah, sekarang saya sedang TOEFL Preparation. Semoga ketika testnya, saya bisa mendapatkan nilai yang memuaskan. Setelah ini, saya langsung pulang ke Bogor dan bersiap2 untuk Job Training (Praktek Kerja Lapangan) di PT. Astra International Tbk. Saya sangat exciting bisa PKL disini. Semua ini berkat Allah SWT yang selalu memberikan saya nikmat yang indah ini...Terima kasih ya Allah...Alhamdulillah...dan Bapak Aminuddin sebagai Corporate Secretary Astra yang telah membukakan jalan saya juga untuk bisa PKL di sini. (Jadi ketika saya sedang searching2 ttg idola saya di bidang Humas yaitu Pak Aminuddin, karena beliau benar2 membuat Astra lebih keren lagi...Nama beliau selalu ada di buku PR. Jadi, saya penasaran dengan beliau. Kemudian, saya mendapatkan emailnya beliau. Kemudian saya email beliau dan alhamdulillah di balas oleh beliau dan menghubungkan saya dengan Bapak Agus Nardianto dari Divisi Purel. Setelah wawancara juga dengan pak Agus, akhirnya saya bisa PKL pada bulan Januari-Februari 2009. Subhanallah, puji syukur kehadirat Allah SWT. Semua itu pasti ada jalannya jika kita berkemauan. If There is a Will, There is a Way...
Yah, semoga pada job training nanti, saya akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi tentang praktik kehumasan di perusahaan swasta dan berskala International pula...Semoga...Bapak2 dan Ibu2 di PUREL nanti, mohon bimbing saya...hehe^^ Makasih...Tetep Semangat!!!
Untuk rencana kedepan lagi, setelah job training di Astra, pastinya sidang Job Training dulu, Les English Conversation di Bandung, Magang di Radio/restoran, mulai neliti di objek penelitian. Semangat!!!Pengen neliti ttg sesuatu di Astra, tapi tertarik juga ni sama CSR nya Bank Mandiri yang Wirausaha Muda Mandiri. Semoga ada jalannya...Amin...

Ya udah, dulu yah...Sampe ketemu di blog selanjutnya...
Wassalam

No comments: