Tuesday, December 9, 2008

Pemimpin Muda untuk 2014





Assalamualaikum wr.wb

Yah, kembali lagi nih nulis2 di blog tercinta^^ walaupun jarang banyak yang baca. tapi blog ini saya jadikan sebagai media untuk belajar menulis.^^
Sekarang, saya mau sekadar berkomentar dan mengutarakan perspektif saya tentang "Pemimpin Muda".
Wah, sosok, foto2 yang bergambarkan seorang pemimpin yang masih terlihat muda, bertebaran di mana2...saya sampai bosan melihatnya...di baligo, di spanduk, di tv, di dialog tv...banyak deh...
Adanya euforia tentang pemimpin muda ini, diawali dengan gebrakan salah satu parpol bernafaskan islam yang memiliki warna dominan hitam, putih, dan emas menggembar gemborkan tentang pemimpin muda. "Bahwa sekarang lah saatnya yang muda, yang memimpin!"
Selain keberhasilan partai tersebut menggaungkan "pemimpin muda", ada pula sesosok Barack Obama (Presiden Terpilih USA) yang dapat menjadi presiden pertama dari kalangan kulit hitam dan masih terbilang muda untuk umur 40 tahunan yang menginspirasi kaum muda untuk bergerak menjadi pemimpin negeri ini. Kedua sebab ini lah yang berakibat partai-partai lain dan calon independen untuk mengikuti mereka (menggaungkan pemimpin muda).
Semua orang sekarang sedang membicarakan tentang pemimpin muda. Namun, sekarang saya ingin bertanya, "SEJAUH MANAKAH KAPASITAS MEREKA DALAM MEMPERJUANGKAN HAK2 RAKYAT?" Maaf, yang saya lihat, banyak sekali sekarang caleg yang dulunya aktivis mahasiswa, pengusaha muda, seorang pengangguran, lulusan SMA, seorang sarjana kilat, dsb.
Kenapa mereka berbondong2 ingin menjadi seorang wakil rakyat di lembaga legislatif?apakah karena mereka tergiur akan kekuasaan dan gaji yang lumayan besar hingga bisa "balik modal" atau memang ingin memperjuangkan hak rakyat? Hanya mereka semua yang tahu.
Sejauh mana kapasitas dan kualitas mereka dalam memperjuangkan hak2 rakyat, harus kita pertanyakan. Pemuda identik dengan emosi yang labil, egois, dan merasa benar sendiri. Apakah para pemimpin muda ini dapat memenej emosinya sehingga bisa terkendali ketika ingin memperjuangkan hak2 rakyat? Apakah bisa para pemuda ini mengenyampingkan urusan pribadinya untuk urusan bersama? yah, saya memiliki account juga di FaceBook, salah satu jejaring sosial. di FB, banyak caleg dan tokoh politik yang saya add. ada tokoh muda dan tua. saya bukannya dikotomi ya...tapi yang saya lihat, pada tokoh politik yang sudah agak tua, mereka biasanya lebih welcome, lebih terbuka sama siapa saja dan ketika melihat profile dan foto2nya, tidak ada foto2 yang membuat saya mengelus dada...ada foto keluarganya, dsb. Tapi ketika saya buka FB tokoh politik dari kaum muda, wow...saya dibuatnya kaget. ketika saya buka gallery fotonya, masih ada foto2 pribadi yang bagi saya, lebih baik hanya disimpan untuk kalangan pribadi dan terbatas saja. Itulah bedanya antara kaum muda dan tua bagi saya. kaum muda, lebih mengekspresikan dirinya semau dia (termasuk mempublikasikan koleksi foto pribadinya dan berpendapat secara blak2an), tapi tidak menyadari bahwa mereka sekarang milik semua orang, milik rakyat yang harus bisa menjaga citra diri. Kaum tua, lebih bisa menata diri dan bisa menjaga citra diri (kecuali kaum tua yang moralnya masih anak muda yang suka main2, seperti salah seorang oknum wakil rakyat yang kmrn ketauan berfoto mesra bersama dengan seorang wanita muda yang cantik).
Para caleg yang hanya lulusan SMA, pengangguran, tidak memiliki pengalaman organisasi, wah...parah juga ya...apakah mereka bisa?yah, semoga saja mereka bisa memperjuangkan hak2 rakyat...sekarang, menurut saya, masyarakat Indonesia sudah bosan dengan perilaku para wakil rakyat yang korupsi, yang tidur ketika rapat, yang baca koran ketika rapat, yang mangkir dari rapat, yang ingin selalu diperhatikan...gaji pokoknya dinaikkan lah, studi banding ke luar negeri lah, renovasi ruang kerja lah...haduh, banyak tingkah yang dilakukan para "WAKIL RAKYAT" periode kemarin...
"Apakah dengan adanya pemimpin muda, dapat memperbaharui semuanya?" jawabanya sederhana saja...mudah2an...
Tapi sepertinya untuk calon presiden 2009, kaum muda akan terpinggirkan oleh kaum tua yang masih ingin berkuasa seperti : Ibu Mega, Pak SBY, Pak JK, Pak Wiranto, Pak Prabowo, Pak Sultan, dsb. Mereka lah super power sekarang...dengan mengusahakan 20% suara lewat UU pilpres itu dan capres harus dari kendaraan parpol, mereka bisa melenggang dengan lancar ke kursi RI 1. berbagai pengklaiman, iklan, dan promosi2 mereka, telah beredar luas dimna2...
Jadi, untuk pemimpin muda, sabar aja ya...sepertinya anda akan berpeluang menjadi RI 1 pada tahun 2014. hehe...karena skrng kaum tua beropini, Obama aja meniti karirnya dari tahun 2004 ketika dia ingin menjadi presiden. jadi butuh waktu 4 tahun lagi untuk menjadi pemimpin bangsa ini sehingga sudah banyak pengalaman dan penguasaan diri tentang masalah2 nasional. Mungkin kalau pemimpin muda sekarang memimpin negeriku Indonesia ini, masih terlalu dini. Menguasai masalah nasional dan bangsa aja baru tau, tour ke daerah2 aja baru tahun 2008 ini..yah, inilah spirit baru untuk kalian para pemimpin muda...untuk mengupgrade diri terus agar lebih baik dari kaum terdahulu. semangat!!jangan lupa untuk terus menjaga citra diri. karena masyarakat akan melihat, karakter dan keluarganya dulu baru track record (pengalaman) dia di bidang poleksusbudhankamnya....gitu deh...
Tetap semangat untuk kaum muda...If there is a will, there is a way...yes, we can!!

Wassalamualaikum wr.wb

1 comment:

Unknown said...

blogwalking..

caleg-caleg sekarang emang bikin bingung..